Kamis, 28 September 2017

RESUME PERANCANGAN BASIS DATA 1


1. Data yaitu fakta dari berbagai sumber di dunia nyata. Data diolah guna memberikan informasi bagi pengguna serta mendapat kan pengetahuan yang baru ( informasi yang bersifat tersembunyi )
2. Informasi yaitu data (baru) yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima data tersebut yang guna bermanfaat pada pengambilan keputusan di masa mendatang.
3. Basis Data merupakan Kumpulan data terorganisir dan disimpan secara sistematis berdasarkan suatu struktur hubungan dan memiliki kaitan satu dengan lainnya yang dibuat guna memenuhi kepentingan banyak pemakai pada suatu organisasi
4. Definisi sistem yaitu sekumpulan elemen-elemen yang mempunyai tujuan yang sama.
5. Sistem Basis Data merupakan Sekumpulan Basis Data dengan para pemakai yang menggunakan basis data secara bersama-sama.
6. metadata yaitu sebuah data yang mendefinisikan atau menjelaskan sebuah data. 
7. Tujuan Basis Data Yaitu :
- Mencegah redudancy dan inconsistency data
- Menjaga integritas data 
- Independensi data ( data tidak bergantung pada data yang lain ) yaitu jika salah satu data di hapus maka tidak berefek ke data lain
8. Database Management System (DBMS) adalah suatu sistem yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. DBMS juga merupakan general purpose software yang berguna untuk :
- Mendefinisikan
- Mengkonstruksi
- Memanipulas

9. Terdapat berbagai macam aplikasi basis data, salah satu contohnya seperti : 
- MySQL 
- ORACLE
- TERADATA
10. Sistem Berkas merupakan suatu system untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan.
11. Pendekatan basis data berkembang karena kelemahan pendektatan sistem berkas (file system) yang berkembang sebelumnya. serta satu file berhubungan dengan satu program atau lebih.
12. Masalah pada Sistem Berkas :
- Adanya ketergantungan antara program dan data
- Duplikasi data
- Data kurang terstruktur (berupa flat file)
- Biaya pemeliharaan tinggi.
13. Langkah Kerja Sistem Database yaitu = STORAGE (database) ↔ DBMS ↔ progam aplikasi ( DBMS Mengelola sumber daya data sebagaimana OS mengelola sumber daya perangkat keras) 
14. Pendekatan Basis Data : 
- Pusat repositori data bagi seluruh organisasi
- Data dikelola oleh suatu sistem pengendali
- Data disimpan dalam format yang baku dan mudah dimengerti. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copy Paste

ITSector

Diberdayakan oleh Blogger.